Pelajaran dari Pribahasa

|
Bermain api akan terbakar, bermain air akan basah. Siapa yang menabur angin, ia akan menuai badai.

Mudahan kita semua dalam lindungan Allah swt. Amin

Peribahasa Indonesia

|

Cara Mengatasi Bad Mood

|

Cara Mengatasi Bad Mood

cara mengatasi bad mood
Bad mood emang selalu bikin masalah, terkadang datangnya bad mood tanpa diduga  kapanpun dimanapun, bad mood bisa saja menghampiri kita diwaktu yang tidak kita harapkan misalnya saja untuk mahasiswa saat tugas banyak, laporan berdatangan silih berganti,  maka semua yang dikerjakan akan terasa menjengkelkan juga berat untuk mangerjakannya, bahkan emosi pun akan semakin memuncak sehingga teman-teman yang ada disekitar kita pun bisa jadi sasaran, sungguh sangat terlalu (kata bang haji) pernah baca di sebuah koran bahwa Bad mood ini selain kondisi hormonal juga ada beberapa faktor misalnya saja dikota-kota besar kemacetan suguh tidak menyenangkan saya pun mengelaminya, juga bisa disebabkan dengan konflik dengan keluarga yang sudah berkeluarga atau anak muda dengan pacarnya. sebenarnya bad mood akan dialami oleh semua orang.


nah, sekrang bagaimana cara kita mengatasi Bad mood ini jika sewaktu-waktu akan mengalaminya

1. beribah dan berdoa
bagi setiap agama pasti akan beribadah untuk bergama islam menjalankan shalat 5 waktunya, karena
dengan beribadah maka hati rasa tenang pikiran akan terasa damai sehingga bad mood bisa cepat terselesaikab dan jangan lupa berdoalah setelahnya

2. selalu berpikir positif
karena setiap aktifitas kita berdasarkan pikiran yang ada dikepala kita, maka sudah seharusnya lah kita berpikir positif untuk mengurangi bad mood yang diakibatkan suatu hal yang tidak jelas

3.melakukan hobi
ketimbang berlama-lama dengan bad moodnya lebih baik melakukan aktifitas yang menyenangkan sesuai dengan hobi yang masing-masing, entah itu memancing, main musik, mendengarkan musik, baca majalah dll dengan kita melakukan pikiran bad mood sedikit demi sedikit akan menghilang dengan melakukan hobi kita masing-masing

4.tertawa
dengan tertawa biasanya kita akan melapas beban beberapa saat, karena tertawa membuat awet muda juga dan dikatan orang-orang dapat mencegah 70 macam penyakit, betapa bagusnya kita tertawa kan tapi perlu diingat juga jangan tertawa berlebih-lebihan karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.

5.berbagi cerita
ceritakan lah hal-hal yang ada rasakan pada saat itu dengan saudara atau sahabat bahkan pacar teman sekalian karena dengan bercerita dan sedkit berbagi masalah maka beban yang ada dipikiran akan berkurang dengan sendirinya sehinnga bad mood akan berkurang dan menghilang dengan sendirnya

itulah tadi sedikit berbagi dengan teman-teman sekalian mengenai cara mengatasi bad mood pada diri kita semoga tulisan ini sedikit membantu teman teman sekalian. saya ucapkan terima kasih. :)

Mengatasi Bad Mood

Cara Membuat Pakaian Selalu Terlihat Baru

|
Pakaian Selalu Terlihat Baru. Pakaian berupa baju yang sering kita gunakan mana kala warnanya pakaian cepat pudar atau cepat melar sehingga pakaian sepertinya udah puluhan tahun  kita gunakan , mungkin hal ini disebabkan oleh kita sendiri baik dalam hal mencuci, menjemurnya. Ini ada beberapa trik agar warna baju tidak cepat pudar dan cepat melar agar pakaian selalu terlihat baru.




inilah beberapa Cara Membuat Pakain Selalu Terlihat Baru :

1. Jangan terlalu sering dicuci
Jika baju bersih hanya dipakai selama 2-3 jam dan tak terkena kotoran atau keringat, tak usah langsung dicuci. Gantung dan angin-anginkan saja. Karena proses pencucian dan pengeringan bisa mempengaruhi kualitas bahan pakaian. 

2. Cara Alami selain deterjen
 natural: sebelum mencuci baju, rendam selama 10-15 menit di dalam bak berisi air yang sudah dicampur 2 sendok makan cuka. Ini berfungsi untuk menahan warna agar tak mudah luntur.

3. Pisahkan cucian
 memisahkan cucian ke dalam 4 tipe:
- pakaian berwarna putih
- pakaian berwarna gelap (hitam, biru tua, coklat tua)
- pakaian berwarna cerah (pink, merah, kuning, dan warna-warna pelangi lainnya)
- pakaian lembut (yang harus dicuci dengan tangan seperti pakaian dalam, lingerie sutra, bikini, dan sebagainya)

4. Gunakan MSG untuk menghilangkan noda
Noda darah, minyak, minuman, dan makanan seringkali sulit dihilangkan dari pakaian. Trik untuk menghapusnya adalah dengan merendam pakaian di dalam air yang sudah dibubuhi satu sendok teh MSG alias vetsin. Setelah itu, cucilah seperti biasa.

5. Jangan bergantung pada mesin pengering
Meski memudahkan bagi kita, ada baiknya sesekali tinggalkan mesin pengering. Bahan pakaian yang dikeringkan secara alami akan lebih tahan lama dibanding yang selalu dimasukkan ke mesin pengering.

6. Cara kita menjemur pakaian tersebut
Biasanya hari cerah kita langsung menjemur pakaian langsung di terik matahari yang panas sebenarnya hal itu juga cepat membuat warna pakaian cepat pudar karena matahari yang baik itu dari jam 07.00-10.00 misal diatas jam itu maka matahari kurang bagus tuk digunakan menjemur alangkah baiknya jika jam itu kita jemur ditempat yang teduh dari terik matahari

itu lah sedikit mengenai cara membuat pakaian selalu terlihat baru dan semoga bermanfaat sekian dulu terimakasih.

sumber : http://id.promotion.yahoo.com

Mungkin Nanti By Peterpan

|
Saatnya ku berkata mungkin yang terakhir kalinya

Sudahlah lepaskan semua kuyakin inilah waktunya

Mungkin saja kau bukan yang dulu lagi

Mungkin saja rasa itu telah pergi

Reff
Dan mungkin bila nanti kita kan bertemu lagi

Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali

Rasa yang kutinggal mati

Seperti hari kemarin saat semua disini

Intro
Dan bila hatimu termenung bangun dari mimpi2mu

Membuka hatimu yang dulu cerita saat bersamaku

Mungkin saja kau bukan yang dulu lagi

Mungkin saja rasa itu telah pergi

Back To : Reff :

Intro

Reff Ending
Dan mungkin bila nanti kita kan bertemu lagi

Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali

Rasa yang kutinggal mati

Seperti hari kemarin saat semua disini

Tak usah kau tanyakan lagi simpan untukmu sendiri

Semua sesal yang kau cari semua rasa yang kau beri

Mungkin Nanti

sungai barito

|
kalimantan banyak orang-orang mengatakan hutannya hampir sama dengan amazon
yang terkenal di amerika dan dunia bukan saja hanya hutanya sungai-sungai yang mengalir
menerupai amazon, apakah amazon yang menyerupai kalimantan atau kalimantan yang menyerupai amazon silahkan teman-teman saja yang menafsirkannya. Bumi Kalimantan sesuai namanya, Kalimantan berarti pulau yang memiliki Sungai-Sungai besar (kali ‘Sungai’; mantan ‘besar’) (Riwut, 1993:3)

salah satu sungai yang terkenal adalah sungai barito yaitu merupakan sungai induk kalimantan selatan dan kalimantan tengah yang mana Sungai Barito bermuara pada laut Jawa dan berhubungan langsung dengan ibukota Kalimantan Selatan yakni Banjarmasin, hulu Sungai Barito berada di kaki pegunungan Muller perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur Dari kaki pegunungan Muller hingga mencapai muara laut Jawa, panjang Sungai Barito mencapai 900 km, dengan lebar antara 650 m hingga mencapai 1000 m. Di daerah hulu Sungai Barito wilayah Kabupaten Murung Raya terdapat beberapa anak Sungai Barito dapat dilayari seperti: Sungai Laung panjang 35,75 km, Sungai Babuat panjang 29,25 km, Sungai Joloi panjang 40,75 km, dan Sungai Busang panjang 75,25 km. Kedalaman dasar berkisar antara 3-8 m dan lebar badan Sungai lebih dari 25 m (lihat http://www.kabmurungraya.go.id).

Di wilayah kabupaten Barito Utara, anak Sungai Barito adalah Sungai Montalat panjang 11,25 km,  Sungai Teweh panjang 87,50 km dan Sungai Lahei panjang 77, 50 km (http://www.baritoutarakab.go.id/selayang-pandang/sarana-dan-prasarana/). Di Kabupaten Barito Selatan terdapat 11 anak Sungai Barito yaitu: Sungai Jenamas panjang 3 km, Sungai Kelanis/Napu panjang 165 km, Sungai Mangkatip 160 km, Sungai Karau/Bangkuang panjang 120 km, Sungai Puning panjang 50 km, Sungai Ayuh panjang 100 km, Sungai Bamanen/Bundar panjang 20 km, Sungai Tabuk/Buntok kota panjang 20 km, Sungai Telang panjang 10 km, Sungai Janggi panjang 10 km, Sungai Bahaur panjang 50 km (lihat http://www.baritoutarakab.go.id).

Taqwa Dan Ilmu

|
Kali ini saya ingin mengulas magnenai taqwa dan ilmu, entah dari mana ko tiba-tiba saya pengen juga mengulas mengenai arti taqwa dan ilmu itu sendiri tapi sebenarnya taqwa dan ilmu ini saya terinspirasi ketika khotbah jum'at tadi siang yang terus terbayang bahwa pentingnya taqwa dan ilmu itu sendiri.

ketika saya cari artikel mengenai taqwa,dikatan disni bahwa  ada buah dari taqwa yang secara langsung ataupun tidak langsun atau yang kita rasakan ataupun tidak kita rasakan
  • Taqwa menyebabkan keluarnya seseorang dari suatu kesempitan dan mendapatkan kelapangan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. (QS. At-Thalaq : 2-3)
  • Taqwa menyebabkan diperolehnya kekuasaan, karena para wali Allah adalah mereka yang bertaqwa kepada-Nya. (QS. Al-Anfal : 34)
  • Taqwa menyebabkan hilangnya rasa takut dari marabahaya  dan tipu daya orang-orang kafir.(QS. Ali-Imran : 120)
  • Taqwa menjadikan sebab baiknya amal hingga dapat diterima amalan tersebut dan diampuni dosa-dosa pelakunya. (QS. Al-Ahzab : 70-71)
  • Taqwa menjadikan sebab teraihnya ilmu. (QS. Al-Baqarah : 282)
  • Taqwa menyebabkan diperolehnya kebaikan. (QS. Thaha : 132)

sekarang timbullah sebuah pertanyaan apa itu taqwa?
menurut para sahabat nabi :

Ali bin Abi Thalib Radliyallahu ‘Anhu : “Taqwa adalah takut kepada Allah Al-Jalil (Yang Maha Agung), mengamalkan tanzil (Al-qur’an), rela dengan Al-Qalil (yang sedikit) dan bersiap-siap menuju Ar-Rahil (kematian).”

Ibnu Abbas Radliyallahu ‘Anhu: “Taqwa adalah orang yang takut kepada Allah dan siksanya.”

Ibnu Ma’ud Radliyallahu ‘Anhu: “Taqwa adalah taat kepada-Nya semata dan tidak bermaksiat kepada-Nya, selalu mengingat-Nya dan tidak melupakan-Nya, serta bersyukur terhadap nikmat-Nya.”
itu sedikit pengertian taqwa.

juga bahwa Namun taqwa itu sendiri merupakan sebuah proses, proses pembentukan jiwa seorang hamba yang siap menta'ati setiap apa2 yang datang dari
Allah dan Rosul-Nya, juga siap dengan spenuh jiwa untuk menjauhi sejauh-jauhnya apa2 yang dilarang-Nya

Maka, untuk mencapai itu semua ada hal yang dibutuhkan oleh hamba, yaitu ILMU. ilmu bisa menyampaikan hamba pada derajat taqwa. ilmu inilah yang mampu menerangi jalan hamba dalam meniti perjalanannya menuju puncak taqwa. bagaimana mungkin seorang hamba dapat mencapai ketaqwaan jika tidak dibarengi dengan ilmu. Maka ilmu merupakan wasilah seorang hamba untuk mencapai ketaqwaan. selain itu ilmu juga mampu membuat seorang hamba menjadi seseorang yang paling takut kepada Allah. Allah berfirman: “Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambanya hanyalah ulama (orang-orang berilmu).” (QS. Fathir: 28).

Antara taqwa dan Ilmu memiliki kaitan yang kuat, hal tersebut dibingkai pada hubungan antara ilmu dan iman. sedangkan hubungan antara ilmu dan iman dalam perspektif Islam adalah hubungan yang saling menyempurnakan. Antara keduanya adalah Cahaya dan Ma'rifah, Kebenaran dan Petunjuk menuju jalan kebenaran; Ilmu, menunjukkan hamba pada keimanan.
Iman mengukuhkan ilmu dan menyucikannya supaya menjadi ilmu yang bermanfaat dimana ilmu tersebut mampu menghasilkan rasa takut kepada Allah, Ridho
akan ketetapan dari-Nya dan merasa nyaman dalam menjalankan syari'at-Nya
Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al Quran Itulah yang hak dari Tuhan-mu lalu mereka beriman dan tunduk hati
mereka kepadanya dan Sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus." (QS. Al-Hajj : 54)

Yang dimaksud ilmu dengan ilmu pada ayat ini adalah ilmu yang terpancar dari wahyu Allah baik itu Al-Quran ataupun Sunnah Nabi Muhammad 

itu lah sedikit mengenai taqwa dan keterkaitannya dengan ilmu, salah khilaf mohon maaf karena saya masih belum begitu sempurnajadi kalau ada yang benar itu semata-mata karena Allah namun jika ada kesalahan itu karena saya manusia biasa yang jauh darikata sempurna. Semoga catatan ini memberi inspirasi bagi teman-teman pembaca semua.